Rabu, 16 Juni 2010

Kondisi masyarakat Indonesia(hedonisme/modernisasi)

Modernisasi :"Proses pergeseran sikap dan metalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutani masa kini."(KBBI,hal.751)
Contoh : Dilihat dari kondisi sosial budaya misalnya kaum remaja berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Kondisi ini tidak lepas dari pengaruh gelombang modernisasi yang memporakporandakan sistem tatanan sosial budaya masyarakat khususnya generasi muda. Setiap remaja menganggap banyak hal yang d hadapi dalam kehidupannya sehari-hari merupakan problema dan tantangan yang ingin mereka ketahui bagaimana cara menghadapinya. Dalam perkembangan masa remaja, peranan lingkungan sangat berdampak besar, baik lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya perhatian dalam setiap perkembangannya, jika tidak maka akan terjadi penyimpangan-penyimpangan nilai moral, antara lain:
1.penyalahgunaan narkotika
2.tawuran antar pelajar
3.perilaku seksual di luar nikah
Solusi : Adanya peran aktif setiap orang tua dengan berusaha mendekati remaja secara psikologis persuasif, yaitu dengan menciptakan suasana komunikatif yang nyaman dan penuh toleransi. Hindari bersikap otoriter, karena apabila hal itu terjadi akan membuat remaja terbelenggu dan merusak hubungan harmonis antara para remaja dan orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

diharapkan komentar anda adalah hal yang bermanfaat bagi penulis, terima kasih.